Dalam postingan mengenai desain komponen, maka ada beberapa hal yang akan diuraikan dalam bagian ini, diantaranya adalah algoritma yang digunakan, struktur data serta karakteristik antar muka dalam aplikasi "A-Dictionary" ini.
1. Algoritma
Algoritma yang digunakan dalam aplikasi ini dapat dilihat melalui activity diagram seperti gambar di bawah ini. untuk lebih lengkapnya dapat dilihat pada file laporan bagian analisis.
2. Struktur Data
Struktur data yang diterapkan dalam aplikasi ini menggunakan struktur data tabel yang diakomodasi dengan menggunakan SQLite. Sedangkan operasi-operasi yang dijalankan pada data-tersebut adalah adanya proses pencarian data menggunakan query.
3. Karakteristik interface
a. User
compatibility
Aplikasi ini memikirkan
kemampuan pengguna dalam mengoperasikan aplikasi ini. Aplikasi ini didesain
sesuai kemapuan balita dan orang tua dalam mengoperasikan aplikasi. Alipkasi
ini Karakteristik balita yang memiliki
tingkat keingintauan yang besar maka aplikasi ini memberikan pilihan icon –
icon yang dapat menarik perhatian balita.
b. Product
compatibility
Product aplikasi ini
memberikan fasilitas pengucapan hewan dan suara hewan yang dipilih sehingga
akan lebih menarik. Product ini memakai
warna – warna cerah yang juga akan menarik bagi balita. Pengucapan nama hewan dalam bahasa indonesia
dan bahasa inggris yang pelan dan sesuai daya tangkap balita
c. Task
compatibility
Pengguna seminimal
mungin dhadapkan pada kondisi sedikit berpikir dalam menggunakan aplikasi
ini. Pennguna dihadapkan dengan pilihan
mudah dalam pengoperasian aplikasi. Seperti
a) pengguna hanya klik tombol play
untuk memulai aplikasi
b) adanya tombol next
dan back untuk memilih icon yad ada
c) adanya help, exit,
yang mudah dimengerti
d. Work
flow compatibility
Aplikasi ini memiliki
urutan – urutan pekerjaan yang sistematis sehingga pengguna tidak mengalam
kebingungan dalam menggunakan aplikasi.
e. Consistency
Penggunaan warna biru,
putih, ,merah, hijau yang cerah mendominasi tampilan dari aplikasi ini.
Aplikasi ini memnggunakan warna – warna tersebut secara konsisten untuk
tampilan menu – menu selanjutnya. Struktur menu dan font setiap form dari
tampilan aplikasi ini tampil secara konsisten
f. Familiarity
Aplikasi ini familiar
karena desainnya sesuai dengan antarmuka pada umumnya.
Contoh : menu searching
yang ada ditengah atas, tombol close yang terletak di pojok kanan atas, tombol
start yang ada ditengah – tengah halaman awal
g. Simpicity
Aplikasi ini Memiliki
tampilan yang sederhana. Aplikasi ini menggunakan tombol – tombol yang sudah
mewakili keseluruhan jalannya aplikasi ini.
h. Robusteness
Kata – kata dalam Pemberitahuan yang muncul dalam aplikasi ini menggunakan kata – kata yang user friendy.
i. Control
Dalam penggunaan menu
searcing jika tidak ditemukan data yang dicari handling maka akan muncul
message box yang memberitahukan kepada pnegguna bahwa data tidak ditemukan.
j. Invisible
technology
Aplikasi ini memiliki
invisible technologi yaitu adanya animasi dan pengucapan dari nama hewan
tersebut.
k. Ease
of learning and ease of use
Aplikasi ini mudah
dipelajari dan mudah digunakan.penggunaan cukup memilih start untuk memuju menu
utama. Pengguna dapat dengan cepat beradaptasi dengan aplikasi ini karena aplikasi
memiliki tombol – tombol yang mudah dimengerti. Contohnya tombol home yang
berupa gambar rumah jadi pengguna tahu kalau tombol home tersebut digunakan
untuk kembali ke menu utama. Tombol next ( arak panah ke kanan) yang menandakan
bahwa tamplilan akan menuju ke tanmpilan berkutnya.
Untuk melihat desain arsitektur aplikasi, silakan klik di sini
Untuk melihat desain antar muka pengguna, silakan klik di sini
0 komentar:
Posting Komentar