What time is it?


Pages

Selasa, 18 September 2012

Perkembangan Proyek Rekayasa Perangkat Lunak #1

Hai.. hai... lama tidak menulis di blog ini.
Kali ini saya akan membagikan sedikit proses yang sudah muncul dalam "mencicil" proyek matakuliah Rekayasa Perangkat Lunak. Proyek ini kami kerjakan secara berkelompok yang terdiri dari 5-6 orang dengan tugas dan tanggung jawab yang berbeda tiap orang.

Judul Proyek : A-Dictionary for Child (A = Animal) on Android.
Deskripsi : Merupakan sebuah kamus tentang dunia satwa yang diperuntukkan bagi balita. Oleh karena itu, dalam kamus ini pemakaian teks sangat diminimalisir. Untuk dapat dimengerti oleh balita, maka kami memanfaatkan animasi dan audio dalam mengenalkan dunia satwa kepada mereka.

Software-software yang dibutuhkan untuk membangun proyek ini antara lain:
1. bahasa pemrograman web (html, css, js)
2. software database : SQLite
3. Macromedia Flash
4. Phone Gap

Berikut ini adalah beberapa ide untuk tampilan awal kamus kami:


All design by : Wahyu Madya Pratama.
(Barangkali ada usul dan saran untuk tampilan awalnya?)

Untuk skema database, karena konsep kamus ini cukup sederhana dan tidak terlalu banyak menggunakan kata-kata dan tabel yang berelasi, maka database untuk kamus ini sementara ini hanya butuh satu buah tabel saja. Adapun skema tabel tersebut adalah sebagai berikut:
Nama Tabel  : Animal
Daftar Field  :
        1. nama_hewan        varchar(50)  primarykey (digunakan untuk menyimpan nama hewan dalam bahasa indonesia)
        2. name_of_animal    varchar(50)  (digunakan untuk menyimpan nama hewan dalam bahasa inggris)
        3. animasi                 varchar(75) (digunakan untuk menyimpan alamat tempat file animasi disimpan)
        4. audio                    varchar(75) (digunakan untuk menyimpan alamat tempat file audio tersimpan)

untuk sementara ini, sekian dulu perkembangan proyek RPL... Terima kasih

8 komentar:

  1. kalau aku pribadi lebih suka yang ketiga.. unyu banget. cuma mungkin nama produknya bisa diganti pake "A-Dictionary for Child)

    BalasHapus
  2. setelah sempat bingung-bingung membuat database nya pakai SQLite3 berbasis console, akhirnya menemukan solusi pembuatan database menggunakan SQLite3 tetapi pakai GUI nya (browser) dengan aplikasi yang bernama sqlitebrowser_200_b1_win.
    hehe, yang GUI memang kebanyakan lebih mudah daripada yang console...
    semangat buat teman2 yang lainnya...

    BalasHapus
  3. Analisis Part 1 By. Pramesthi Handaru
    1. Analisi Kebutuhan
    1.1. Kebutuhan Fungsional
    • Aplikasi mampu membantu balita untuk lebih mengenal hewan dan karakteristiknya.
    Animasi ini akan menunjukkan tingkah laku hewan hidup di lingkungannya. Seperti terbang, berenang, berlari.
    • Apliasi ini mampu memunculkan pengucapan nama hewan.
    Pengucapan hewan yang dimunculkan oleh aplikasi ini adalah bahasa inggris dan bahasa indonesia. Pengucapan ini membantu pengguna memahami nama hewan.
    • Suara yang dihasilkan hewan tersebut.
    Dengan adanya suara yang dihasilkan hewan akan lebih memudahkan pengguna untuk mengerti tentang hewan tersebut.
    • Makanan yang dimakan hewan tersebut.
    Saat animasi hewan itu dimunculkan salah satu gerakan yang dilakukan hewan tersebut adalah sedang memakan makanannya.
    • Terdapat fungsi pencarian yang dapat membantu balita untuk mencari hewan yang diinginkan.

    1.2. Non-Fungsional
    Kamus ini dperuntukkan untuk balita. Kamus ini harus :.
    • Dapat menjangkau daya tangkap balita
    • Mudah digunakan.
    • Menarik.
    • Menyenangkan.
    • Dilegkapi animasi dan suara.
    • Kecepatan suara yang dikeluarkan sesuai dengan kecepatan dengar yang dimiliki balita.

    2. Analisis Sistem
    Aplikasi A-Dictionary for Child (A = Animal) dibuat dengan tujuan memudahkan balita untuk mengenal hewan – hewan yang ada disekitar mereka. Disamping itu juga aplikasi ini memiliki fitur – fitur yang menarik sehingga balita akan senang menggunakan aplikasi A-Dictionary for Child. Sistem ini berjalan sebagai berikut :

    • Pencarian hewan
    Tampilan awal dari aplikasi A-Dictionary for Chird berupa satu gambar hewan dan terdapat fungsi pencarian di atasnya. Pengguna memasukkan kata kunci (nama hewan) lalu klik tombol pencarian makan akan tampil hasil pencarain yang sesuai. Selanjutnya pengguna memilih hasil pencarian yang cocok maka akan muncul tampilan hewan yang dipilih.

    • Penampilan fitur pada hewan
    Setelah tampil satu animasi hewan maka akan muncul animasi yang menggambarkan perilaku hewan tersebut. Aplikasi ini akan mengeluarkan cara pengucapan nama hewan tersebut dalam bahasa Inggris. Animasi hewan akan bergerak menunjukkan cara hidup dan habitat mereka. Animasi hewan ini juga akan memunculkan suara dari hewan tersebut.

    • Quiz
    Salah satu fitur yang ada pada Aplikasi ini adalah Quiz. Fitur ini akan menampilkan Animasi salah satu hewan yang memunculkan perilaku dan suara hewan tersebut lalu pengguna diharapkan dapat menebak nama hewan tersebut.
    Muncul suara, muncul pilihan gambar hewan

    3. Pemodelan DFD
    Analisis Entitas Eksternal
    • Pengguna
    Pengguna Aplikasi ini adalah : Balita dan Pembimbing Balita tersebut
    Sebagai Sumber : memberi informasi tentang hewan yang dicari
    Sebagai Tujuan : mendapatkan informasi tentang hewan tersebut
    Analisis Aliran Data
    User --> aplikasi --> perintah --> aplikasi (program) --> output(tampilan hasil perintah)

    Untuk gambar DFD nya analisis yang lainya menyusul ya... :)

    BalasHapus
  4. untuk gambar DFD dan analisis lainya menyusul ya...
    masih dipikir...

    BalasHapus
  5. oia, sepertinya struktur tabelnya kurang 1 field, jika kita pingin memisahkan kamus inggris dan kamus indonesianya. tapi, itu bisa jadi pengaruh ke animasinya.

    semangat teman2

    BalasHapus
  6. ini Aanalisisnya....
    http://www.mediafire.com/file/e1zy7nefgrle63w/ANALISI_A-Dictionary_by_Pramesthi_Handaru.docx

    BalasHapus
  7. untuk proposal pembuatan perangkat lunak bisa download link di bawah ini...

    http://www.mediafire.com/?3zc3dutmzpb96f9

    BalasHapus