What time is it?


Pages

Senin, 12 November 2012

Desain Komponen

Dalam postingan mengenai desain komponen, maka ada beberapa hal yang akan diuraikan dalam bagian ini, diantaranya adalah algoritma yang digunakan, struktur data serta karakteristik antar muka dalam aplikasi "A-Dictionary" ini.

1. Algoritma
    Algoritma yang digunakan dalam aplikasi ini dapat dilihat melalui activity diagram seperti gambar di bawah ini. untuk lebih lengkapnya dapat dilihat pada file laporan bagian analisis.






















2.  Struktur Data
     Struktur data yang diterapkan dalam aplikasi ini menggunakan struktur data tabel yang diakomodasi dengan menggunakan SQLite. Sedangkan operasi-operasi yang dijalankan pada data-tersebut adalah adanya proses pencarian data menggunakan query.

3. Karakteristik interface 

    a. User compatibility

        Aplikasi ini memikirkan kemampuan pengguna dalam mengoperasikan aplikasi ini. Aplikasi ini didesain  sesuai kemapuan balita dan orang tua dalam mengoperasikan aplikasi. Alipkasi ini  Karakteristik balita yang memiliki tingkat keingintauan yang besar maka aplikasi ini memberikan pilihan icon – icon yang dapat menarik perhatian balita.     
          b. Product compatibility
         Product aplikasi ini memberikan fasilitas pengucapan hewan dan suara hewan yang dipilih sehingga akan lebih menarik. Product  ini memakai warna – warna cerah yang juga akan menarik bagi balita.  Pengucapan nama hewan dalam bahasa indonesia dan bahasa inggris yang pelan dan sesuai daya tangkap balita

      c.  Task compatibility
          Pengguna seminimal mungin dhadapkan pada kondisi sedikit berpikir dalam menggunakan aplikasi ini.  Pennguna dihadapkan dengan pilihan mudah dalam pengoperasian aplikasi. Seperti 
a) pengguna hanya klik tombol play untuk memulai aplikasi
b) adanya tombol next dan back untuk memilih icon yad ada
c) adanya help, exit, yang mudah dimengerti

       d. Work flow compatibility
           Aplikasi ini memiliki urutan – urutan pekerjaan yang sistematis sehingga pengguna tidak mengalam kebingungan dalam menggunakan aplikasi.

       e. Consistency
           Penggunaan warna biru, putih, ,merah, hijau yang cerah mendominasi tampilan dari aplikasi ini. Aplikasi ini memnggunakan warna – warna tersebut secara konsisten untuk tampilan menu – menu selanjutnya. Struktur menu dan font setiap form dari tampilan aplikasi ini tampil secara konsisten

        f.  Familiarity
           Aplikasi ini familiar karena desainnya sesuai dengan antarmuka pada umumnya.
Contoh : menu searching yang ada ditengah atas, tombol close yang terletak di pojok kanan atas, tombol start yang ada ditengah – tengah halaman awal

        g.  Simpicity
            Aplikasi ini Memiliki tampilan yang sederhana. Aplikasi ini menggunakan tombol – tombol yang sudah mewakili keseluruhan jalannya aplikasi ini.

        h. Robusteness
           Kata – kata dalam Pemberitahuan  yang muncul dalam aplikasi ini  menggunakan kata – kata yang user friendy.

        i.  Control
           Dalam penggunaan menu searcing jika tidak ditemukan data yang dicari handling maka akan muncul message box yang memberitahukan kepada pnegguna bahwa data tidak ditemukan.

        j. Invisible technology
           Aplikasi ini memiliki invisible technologi yaitu adanya animasi dan pengucapan dari nama hewan tersebut.

        k.  Ease of learning and ease of use
            Aplikasi ini mudah dipelajari dan mudah digunakan.penggunaan cukup memilih start untuk memuju menu utama. Pengguna dapat dengan cepat beradaptasi dengan aplikasi ini karena aplikasi memiliki tombol – tombol yang mudah dimengerti. Contohnya tombol home yang berupa gambar rumah jadi pengguna tahu kalau tombol home tersebut digunakan untuk kembali ke menu utama. Tombol next ( arak panah ke kanan) yang menandakan bahwa tamplilan akan menuju ke tanmpilan berkutnya.

Untuk melihat desain arsitektur aplikasi, silakan klik di sini
Untuk melihat desain antar muka pengguna, silakan klik di sini










0 komentar:

Posting Komentar